Aplikasi dan Informatika

  1. Menyelenggarakan  layanan  pengembangan  dan penyelenggaraan  Data  Center  (DC)  dan Disaster Recovery Center  (DRC); 
  2. Layanan  pengembangan  dan  inovasi  TIK dalam  implementasi e-Government;
  3. Layanan  peningkatan kapasitas  SDM  dalam  pengelolaan  infrastruktur  dan Teknologi  Informatika;
  4. Government  Cloud  Computing;
  5. Layanan  pengelolaan  akses  internet  pemerintah  dan public; 
  6. Layanan  filtering  konten  negatif;
  7. Layanan interkoneksi Jaringan Intra Pemerintah;
  8. Menyelenggarakan  layanan monitoring  trafik  elektronik;
  9. Layanan penyediaan prasarana dan sarana komunikasi pemerintah;
  10. Menyelenggarakan  layanan  pengembangan  aplikasi pemerintahan  dan  pelayanan  publik  yang  terintegrasi;
  11. Layanan  pemeliharaan  aplikasi  kepemerintahan  dan publik;
  12. Penetapan  standar  format  data  dan  informasi, walidata  dan  kebijakan,    Layanan recovery  data  dan informasi; 
  13. Layanan  pengelolaan  data  elektronik pemerintahan  dan  non  pemerintahan;
  14. Layanan peningkatan  kapasitas  Sumber  Daya  Manusia  dalam pemanfaatan  Sistem  Informasi  Pemerintahan  dan  Sistem Informasi  Publik; 
  15. Layanan  interoperabilitas; 
  16. Layanan interkonektivitas  layanan  publik  dan  kepemerintahan;
  17. Layanan  Pusat  Application  Programm  Interface  (API) daerah; 
  18. Layanan  penanganan  insiden  keamanan  informasi, Layanan  peningkatan  kapasitas  Sumber  Daya  Manusia  di bidang keamanan informasi;
  19. Layanan keamanan informasi pada  Sistem  Elektronik  Pemerintah  Daerah;
  20. Penyelenggaraan internet sehat, kreatif, inovatif dan produktif;
  21. Layanan bimbingan teknis dalam pemanfaatan  sistem  komunikasi  oleh  aparatur pemerintahan;
  22. Layanan  pendaftaran  nama  domain  dan  sub  domain instansi  penyelenggara  negara  bagi  kepentingan kelembagaan; 
  23. Pelayanan  publik  dan  kegiatan pemerintahan;
  24. Layanan pengelolaan  domain  dan  sub  domain  Pemerintah Kabupaten/Kota;
  25. Layanan peningkatan kapasitas aparatur dalam  pengelolaan  domain,  Portal  dan  website;
  26. Layanan  peningkatan  kapasitas  aparatur  dan  sertifikasi teknis  bidang  TIK; 
  27. Layanan  peningkatan  kapasitas masyarakat  dalam  implementasi e-Government dan Smart City;
  28. Layanan  implementasi e-Government dan Smart  City dan  Promosi  pemanfaatan  layanan  Smart  City  di Kabupaten/Kota;
  29. Menyelenggarakan  layanan  Penetapan  regulasi  dan kebijakan  terpadu  implementasi  e-Government Kabupaten/Kota; 
  30. Layanan  koordinasi  kerja  sama  lintas Organisasi Perangkat Daerah, lintas  Pemerintah  Daerah dan  lintas  Pemerintah  Pusat  serta  non  pemerintah;
  31. Layanan  integrasi  pengelolaan  TIK  dan  e-Government Pemerintah  Kabupaten/Kota; 
  32. Layanan  pengembangan Business  Process  Re-engineering pelayanan  di  lingkungan pemerintahan  dan  non  pemerintah  (Stakeholder Smart City); 
  33. Layanan  Sistem  Informasi Smart  City;   
  34. Layanan interaktif Pemerintah dan Masyarakat;
  35. Layanan penyediaan sarana dan prasarana pengendalian Smart City;
  36. Pelaksanaan koordinasi, fasilitasi dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan bidang pos dan telekomunikasi;
  37. Pengawasan/pengendalian terhadap penyelenggaraan Kegiatan Pos dan Telekomunikasi;
  38. Pengawasan/pengendalian terhadap penyelenggaraan Kegiatan Pos dan Telekomunikasi;
  39. Layanan Rekomendasi Menara Tekomunikasi;
  40. Layanan Rekomendasi Warung Internet;
  41. Layanan Rekomendasi Pos dan Jasa pengiriman;
  42. Layanan Rekomendasi Radio dan Televisi;
  43. Peningkatan PAD (Retribusi di bidang POSTEL);
  44. Menyelenggarakan Regulasi terkait Pos dan Telekomunikasi;